Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_display has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/view.inc on line 2545

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_many_to_one_helper has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/handlers.inc on line 753
Puncak Cemoro Sewu, Gowes Diatas Awan | Sepeda Sehat

Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

soewoek's picture
Posted by soewoek

Cemoro Sewu terletak persis di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sesuai namanya, gowes ini menjelajah diantara hutan pohon cemara. Gowes ini istimewa, ada banyak sekali bonus pemandangan nan-indah, nampak suasana Telaga Wahyu dari ketinggian, suasana yang sangat rindang penuh pepohonan cemara dan udara yang sangat sejuk/dingin.  Keistimewaan utamanya bukan pada hutannya, tapi karena tantangan rute yang terus menanjak hingga mencapai ketinggian 1.921 mdpl (meter diatas permukaan laut). Jarak rute mungkin hanya sekitar 60 km, tapi ketinggiannya termasuk salah satu puncak yang tertinggi, mengalahkan puncak Kaliurang (900 mdpl) dan puncak Selo (antara Merapi-Merbabu, 1.400 mdpl). Pada ketinggian ini terasa udara lebih tipis, perlu ekstra hirup napas saat nanjak. Sampai di puncak Cemoro Sewu, betul-betul terasa gowes diatas awan, jika beruntung kita akan gowes menembus kabut yang sangat dingin. Air pun sedingin es.

Rute gowes ini ditempuh dari timur (Kebonsari, Madiun), karena kemiringannya masih relatif bersahabat. Jika digowes dari Barat (Tawangmangu), kemiringannya sangat curam sekali. Perjalanan menuju Madiun dapat menggunakan kereta api (2 jam) atau jalur darat menggunakan mobil sewa (5-6 jam). Nampak dari peta, sejak dari Madiun jalan sudah menanjak, sekitar 30 km untuk menuju checkpoint pertama sebelum mulai menanjak, yaitu Ngerong, di lokasi checkpoint ini ada Alfamart yang cocok untuk mengisi perbekalan. Namun tidak perlu kuatir karena di sepanjang jalan tersedia cukup banyak warung.

Dimulai dari Alfamart Ngerong, jarak menuju puncak Cemoro Sewu adalah 14,95 km, dapat ditempuh dalam waktu 4 jam 15 menit (catatan waktu goweser dengan berat badan 1 kuintal, gowes santai di rombongan paling belakang). Bagi mereka yang jauh lebih ringan dan kuat, dapat mencapai puncak dalam 3,5 jam. Perjalanan menuju ke puncak terbagi dalam 3 etape, ditandai oleh tanjakan-tanjakan yang cukup terjal walaupun hanya beberapa ratus meter saja. Bagi yang belum pernah menempuh rute ini, kita sering merasa disorientasi, dimana posisi sekarang, apakah puncak-puncak tanjakan sudah terlewati atau belum. Untuk membantu memandu perjalanan, puncak-puncak tanjakan ini sudah ditandai pada aplikasi Lacakin, sehingga akan selalu ketahuan dimana posisi terkini dan seberapa jauh menuju puncak tanjakan berikutnya. 

Sebaiknya menjalani rute ini dengan menggunakan MTB, agar dapat menikmati tanjakan beserta pemandangan dan kesegaran udaranya. Kondisi jalan sangat mulus, sebenarnya tidak ada masalah menggunakan RB, hanya saja beberapa tanjakan cukup panjang dan curam yang membutuhkan teknik dan kekuatan khusus jika ingin melaluinya menggunakan RB. 

Rute ini sangat recommended, sungguh menjadi pengalaman gowes yang tak terlupakan ^_^

Lokasi: 

Indonesia
7° 39' 50.6052" S, 111° 11' 28.896" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
60.00km
Sepeda
MTB
Elevasi Rerata
12.00%
Elevasi Maksimal
47.00%
Elevasi Jarak
15.00km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.