Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_display has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/view.inc on line 2545

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_many_to_one_helper has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/handlers.inc on line 753
Curug Pulosari | Sepeda Sehat

Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Curug Pulosari adalah wisata alam "air terjun mini" yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Jogja, hanya sekitar 18 km saja jika mengikuti panduan dari Google Maps. Curug ini berlokasi di Desa Wisata Krebet, Bantul. Sehingga Jalan menuju Desa Wisata sudah aspal mulus, jangan lewatkan untuk berfoto di patung Semar yang sangat terkenal itu. Memasuki kawasan curug sudah disambut jalan setapak semi offroad, dan tentu saja full offroad di lokasi curug, sebaiknya menggunakan sepeda MTB. Ada beberapa pilihan jalan masuk menuju curug, tapi saya pilihkan disini jalur yang paling enak, sudah ada jalan setapak yang bisa dilalui sepeda. Jika melalui jalur lain, kondisi jalan aslinya diperuntukkan jalan kaki, harus melalui tangga setapak (tanah) yang cukup curam dan licin. 

Lokasi ini bernama Jurang Pulosari di Google Maps, set directions akan langsung diberikan jalur yang paling enak. Untuk lebih jelasnya bisa klik pada peta berikut.

Kondisi tanjakan tidak terlalu mengkhawatirkan, hanya ada tanjakan menuju Desa Wisata Krebet, cukup bervariasi naik, mendatar dan turun, banyak kesempatan untuk mengambil napas. Menurut Google Earth, panjang tanjakan 2,2 km dengan rerata elevasi 4,4% (max 9,7%).

Sesampainya di kawasan Curug, sepeda boleh dibawa turun, namun tetap harus melalui bebatuan tangga yang curam licin karena bebatuan terkena lumpur. Sebaiknya pastikan menggunakan alas kaki yang tidak licin. Juga sebaiknya mengunjungi lokasi ini pada musim hujan, atau sesudah hujan, agar melimpah airnya. Jangan kuatir jika ingin main air dibawah air terjun, tersedia kamar ganti dengan biaya Rp. 2.000. Jika lapar, juga tersedia warung dengan harga yang wajar, sate ayam plus lontong Rp 10.000, aqua botol Rp 3.000.

 

Lokasi: 

Indonesia
7° 51' 39.2832" S, 110° 17' 13.524" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
18.00km
Sepeda
MTB
Elevasi Rerata
4.40%
Elevasi Maksimal
9.70%
Elevasi Jarak
2.20km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.