Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_display has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/view.inc on line 2545

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_many_to_one_helper has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/handlers.inc on line 753
Analisa Elevasi dengan Google Earth | Sepeda Sehat

Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet on February 01, 2015

Begitu banyak destinasi bersepeda dengan pemandangan menawan tentu sangat menarik untuk tidak dilewatkan. Sebagai bagian dari persiapan, ada baiknya kita analisa dulu bagaimana kondisi kontur geografis sepanjang jalan yang akan kita lalui. Kita perlu tahu seberapa tingkat kemiringan (elevasi), terkait seberapa kuat kita akan menanjak. Kita juga perlu tahu berapa kilometer kita akan menanjak, terkait seberapa daya tahan (endurance) kita. Profil elevasi ini kemudian dapat dibandingkan antar rute, jika kita sudah pernah melalui rute dengan profil elevasi sejenis, tentu kita tidak perlu kuatir.

Kita akan analisa elevasi menggunakan aplikasi Google Earth, ini adalah alat bantu luar biasa amazing, sangat helpful sekali. Caranya sangat sederhana sekali:

  1. Dapatkan koordinat destinasi yang diinginkan. Koordinat dapat di-copy dari artikel SepedaSehat.com atau dari Google Maps.


     

  2. Pada aplikasi Google Earth, masukkan lokasi asal, copy paste koordinat destinasi ke lokasi tujuan, klik Get Directions.


     

  3. Klik kanan pada rute yang tampil, pilih "Show Elevation Profile", dan voila! Langsung muncul grafik elevasi.

Arahkan mouse pada sepanjang grafik elevasi untuk mendapatkan gambaran kapan dan seberapa jauh kita akan menanjak. Pada grafik elevasi, cermati tulisan kecil diatas grafik, yaitu Max Slope (kemiringan maksimal) dan Avg Slope (rerata kemiringan). Kedua indikator ini dapat saling diperbandingkan antar rute satu dengan lainnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Categories: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.