Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Waduk Sermo termasuk salah satu destinasi gowes yang highly recommended. Jalan menuju kesana sangat mulus, cocok untuk roadbike. Pemandangan sepanjang perjalanan sangat hijau, udara juga segar. Jarak tempuh dari Jogja ke Waduk Sermo hanya 35 km. Hanya saja, sesudah belok keluar dari Jalan Wates, mulai menanjak, dan makin menanjak menjelang sampai ke tepi waduk, jika ingin lebih nyaman menanjak tentu lebih cocok pakai MTB. 

Saya sudah 2x ke Sermo, pertama kalinya kesana menempuh rute jalan pintas tapi ternyata yang jalannya jelek sekali, tapi tanjakan tidak terlalu brutal, sehingga tidak recommended pakai roadbike. Dalam kunjungan ke-2 ini bersama rombongan dan mendapatkan rute yang mulus, tanjakannya sedikit lebih berat, tapi lebih nyaman. Saya pribadi pengguna roadbike lebih menyukai rute ini, bisa dilihat disini:

Sesampainya di Waduk Sermo, pilihannya langsung ke lokasi dan foto-foto, atau agar lebih puas bisa mengitari waduk menikmati suasana hijau dan udara segar. Begitu sampai di perempatan sebelum waduk (ada papan bertuliskan "Waduk Sermo"), langsung belok ke kiri. Nantinya satu putaran akan kembali lagi ke titik perempatan ini. Bentuk waduknya seperti jari tangan, walaupun terlihat dekat, tapi total jaraknya 17,22 km. Jika gowes santai maka satu putaran mengelilingi waduk ditempuh dalam 1 jam 40 menit. Ada beberapa turunan curam, pastikan kondisi rem prima (dan tangan tidak pegal).

Rute ini (termasuk mengelilingi waduk dan pulang-pergi ke Jogja) lebih kurang menempuh total jarak 87 km. Selamat menikmati Waduk Sermo, semoga bermanfaat.

Lokasi: 

Indonesia
7° 49' 7.1652" S, 110° 7' 18.984" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
87.00km
Sepeda
Road Bike
Elevasi Rerata
4.10%
Elevasi Maksimal
12.70%
Elevasi Jarak
5.50km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.